Minggu, 21 April 2013

Organ Peredaran Darah Pada Manusia

 Bagian tubuh yang berfungsi mengangkut dan mengedarkan oksigen dan sari makanan adalah darah

1.Jantung

          Organ tubuh yang berfungsi memompa darah keseluruh tubuh adalah jantung.Jantung manusia terletak didalam rongga dada agak sebelah kiri.Ukuran jantung orang dewasa lebih kurang sekepalan tangan.Berat jantung orang dewasa lebih kurang 300 gram.
          Jantung terdiri atas empat ruang,yaitu serambi kiri,serambi kanan,bilik kiri dan bilik kanan.Sebagai alat pemompa darah,jantung mempunyai otot-otot yang kuat.Dinding jantung bagian bilik mempunyai otot yang tebal daripada dinding jantung bagian serambi.Hal itu karena kerja bilik lebih berat,yaitu memompa darah kebagian tubuh yang lain.
          Diantara serambi dan bilik terdapat semacam pintu turun yang disebut katup jantung.Katup jantung yang sehat dapat menutup rapat sekali sehingga darah dari bilik tidak bercampur dengan darah dari serambi.
Katup-katup itu membuka dan menutup seirama dengan denyutan jantung.

2.Pembuluh darah

          Pembuluh darah adalah saluran yang berfungsi sebagai tempat mengalirnya darah dari seluruh tubuh menuju kejantung atau sebaliknya.Berdasarkan arah aliran darah,pembuluh darah dibedakan menjadi dua macam yaitu, pembuluh nadi (arteri) dan pembuluh balik (vena)
          Pembuluh nadi atau arteri ialah pembuluh yang mengalirkan darah yang keluar dari jantung.
Pembuluh balik atau vena ialah pembuluh darah yang mengalirkan darah masuk kedalam jantung
          Pembuluh nadi dan pembuluh balik  bercabang-cabang.Ukuran diameter cabang-cabang pembuluh itu semakin jauh dari jantung semakin kecil.Cabang pembuluh nadi dan cabang pembuluh balik yang terkecil dihubungkan oleh pembuluh kapiler.Pembuluh kapiler inilah yang berhubungan langsung dengan sel-sel tubuh.
           Pembuluh nadi yang terbesar disebut aorta. Pembuluh balik yang terbesar ada dua yaitu pembuluh balik atas dan pembuluh balik bawah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar