Jumat, 29 Maret 2013

Khulafaur Rasyidin


Khulafaur Rasyidin atau Khalifah Ar- Rasyidin adalah empat orang khalifah (pemimpin) pertama agama islam iang dipercaya oleh umat islam sebagai penerus kepemimpinan Nabi Muhammad SAW setelah beliau wafat. 4 orang tersebut adalah para sahabat sekat muhammad yang tercatat paling dekat dan paling di kenal dalam membela ajaran yang di bawanya di saat masa kerasulan muhammad. Keempat khalifah tersebut bukan dipilih berdasarkan keturunannya, melainkan berdasarkan konsesus bersama umat Islam.
               Sistem pemilihan terhadap masing-masing khalifah tersebut berbeda-beda, hal tersebut terjadi karena para sahabat menganggap tidak ada rujukan yang jelas yang ditinggalkan oleh Nabi Muhammad  SAW tentang bagaimana suksesi kepemimpinan islam akan berlangsung. Namun penganut paham Syi’ah meyakini bahwa Muhammad dengan jelas menunjuk Ali bin Abi Thalib, khalifah ke-4 bahwa Muhammad menginginkan keturunannya yang akan meneruskan kepemimpinan atas umat Islam, mereka merujuk kepada salah satu hadist Ghadir Khum.
               Setelah resmi istilah Khulafaur Rasyidin merujuk pada 4 orang khalifah pertama Islam, namun sebagian ulama menganggap bahwa Khulafaur Rasyidin  atau khalifah yang memperoleh petunjuk tidak terbatas pada keempat orang khalifah tersebut, tetapi dapat mencakup pula para khalifah setelahnya yang kehidupannya benar-benar sesuai dengan petunjuk Al-Quran dan Sunnah Nabi.

1.      Abu Bakar As-Shiddiq
Abu bakar as-shiddiq (573-634M, menjadi khalifah 632-634 M) lahir dengan nama Abdus Syams, “Abu Bakar” adalah gelar yang diberikan masyarakat muslim kepadanya. Nama aslinya adalah “Abdullah bin Abi Khuhafah”. Ia mendapat gelar “as-Shiddiq” setelah masuk Islam. Nama sebelum muslim adalah “Abdul Ka’bah”. Ibunya bernama “Salma Ummul Khair”, yaitu anak paman “Abu Qukhafah”. Abu bakar adalah khalifah pertama islam setelah kematian Muhammad. Ia adalah salah seorang petinggi Mekkah dari suku Quraisy. Sertelah masuk islam nama nya diganti oleh Muhammad menjadi Abu Bakar. Ia digelari as-Shiddiq yang berarti yang terpercaya . Setelah ia menjadi orang yang pertama mengakui peristiwa Isra’ Mi’raj. Ia juga adalah orang yang ditunjuk oleh Muhammad untuk menemaninya hijrah ke Yatsrib. Ia dicatat sebagai salah satu Sahabat Muhammad yang paling setia dan etrdepan melindungi para pemeluk islam bahkan terhadap sukunya sendiri.
               Selama 2 tahun masa kepemimpinan Abu Bakar, masyarakat Arab di bawah Islam mengalamami kemajuan pesat dalam bidang sosial, budaya , penegakan hukum. Selama masa kepemimpinannya pula, Abu Bakar berhasil memperluas daerah kekuasaan Islam ke Persia, sebagian Jazirah Arabhingga menaklukan sebagian daerah kekaisaran Bizantium. Abu Bakar meninggal saat berusia 61 tahun pada tahun 634 M akibat sakit yang dialaminya.
               Abu Bakar menjadi khalifah hanya 2 tahun. Masa sesingkat itu habis untuk menyelesaikan persoalan dalam negeri terutama tantangan yang disebabkan oleh suku-suku bangsa Arab yang tidak mau tunduk lagi kepada pemerintah Madinah sepeninggal Rasulullah. Mereka menganggap bahwa perjanjian yang dibuat nabi telah berakhir setelah Rasulullah SAW wafat. Karena itulah mereka menentang Abu Bakar. Karena sikap keras kepala dan penentangan mereka yang dapat membahayakan agama dan pemerintahan, Abu Bakar menyelesaikan persoalan ini dengan apa yang disebut “Perang Riddah” (perang melawan kemurtadan). Khalid bin Al-Walid adalah panglima yang banyak berjasa dalam perang Riddah ini.
               Kekuasaan yang dijalankan Abu Bakar bersifat sentral, kekuasaan legislatif, eksekutif, dan yudikatif terpusat di tangan khalifah.


2.      Umar bin Khattab
Umar bin Khattab (586-644 M, menjadi khalifah 634-644 M) adalah khalifah kedua dalam sejarah Islam. Pengangkatan Umar bin Khattab berdasarkan surat wasiat yang ditinggalkan oleh Abu Bakar. Umar memerintah selama 10 tahun dari tahun 634-644 M.
               Ketika Abu Bakar sakit dan mendekati ajalnya, ia bermusyawarah dengan para pemuka agama untuk mengangkat Umar bin Khattab sebagai pengganti Abu Bakar dengan maksud untuk mencegah kemungkinan terjadinya perselisihan dan perpecahan di kalangan umat Islam. Kebijaksanaan Abu Bakar itu ternyata disetujui oleh pihak lain
Dijaman umar gelombang ekspansi (perluasan daerah kekuasaan) pertama terjadi. ibukota syria,damaskus,jatuh tahun 635 masehi, dan setahun kemudian, setelah tentara bizantium kalah di pertempuran yarmuk, seluruh daerah syria jatuh kebawah kkuasaan islam. Dengan memakai syria sebagai basis, ekspansi diteruskan ke mesir dibawah pimpinan Amr Ibn ‘Ash dan ke Iraq di bawah pimpinan Saad ibn Abi Waqqash.
               Umar memerintah selama 10 tahun. Masa jabatannya berakhir dengan kematian. Dia dibunuh oleh seorang zoroastrionis, budak fanatik dari Persia bernama Abu Lu’lu’ah. Untuk menentukan penggantinya, Umar tida menempuh jalan yang dilakukan Abu Bakar. Dia menunjuk 6 orang sahabat dan meminta kepada mereka untuk memilih salah seorang diantaranya menjadi kholifah. Mereka bermusyawarah dan berhasil  menunjuk Usman sebagai kholifah melalui proses yang agak ketat dengan Ali Ib Abi Tholib.

3.      Usman bin Affan
Dilahirkan pada tahun 573 M pada sebuah keluarga dari suku Quraisy bani umayyah. sebelum masuk islam. Ia dipanggil dengan sebutan Abu Amr. Ia bergelar Dzunnurain, karena menikahi dua putri Nabi Muhammad SAW (menjadi khalifah 644-655 M) adalah khalifah ke 3 dalam sejarah Islam.
Pemerintahan Usman berlangsung selama 12 tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar